Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Penulisan Novel Yang Benar | Cara Membuat Novel

Penulisan novel yang benar merupakan hal penting yang harus diketahui penulis untuk diterapkann dalam tulisannya. Penulis yang baik merupakan penulis yang tahu aturan-aturan menulis dan sesuai dengan kaidah dalam Bahasa Indonesia. Penulis harus mengerti apa saja dasar menulis dan bagaimana format penulisan yang benar. Setelah mereka menguasai dan mengerti bagaimana penulisan novel yang benar, maka penulis dapat dengan mudah menulis hingga membuat novel menarik untuk dibaca. Untuk itu artikel ini hadir membantu para penulis belajar mengenai format penulisan novel yang benar.

Penulisan Novel yang Benar

Penuisan novel yang benar, cara menulis novel bagi pemul

Sebelum masuk ke pembahasan, mari membahas pengertian menulis. Menulis adalah kegiatan menuangkan ide, gagasan, menciptakan suatu informasi dalam sebuah tulisan. Menulis novel sendiri merupakan kegiatan menuangkan ide dalam sebuah tulisan sehingga menjadi cerita panjang. Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan saat menulis novel yaitu penulisan novel yang benar merupakan hal penting yang harus dikuasai penulis. Bagaimana penulisan novel yang benar? Simak di bawah.

Apakah Harus Sesuai KBBI?

Apakah menulis novel harus sesuai KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)? Tergantung isi dan latar cerita dalam novel. Jika novel yang ditulis memiliki latar dalam kerajaan sebaiknya gunakan bahasa baku dalam KBBI, lalu jika novel bertema fiksi remaja maka lebih baik untuk menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa gaul.

Sesuai dengan PUEBI

Kali ini membahas mengenai PUEBI (Pedoman Umum EJaan Bahasa Indonesia). Dalam PUEBI berisi pemakaian huruf, penulisan kata seperti kata dasar; kata ganti; kata sambung, pemakaian tanda baca seperti tanda titik; tanda koma; tanda titik koma, dan lainnya. Apakah penulis harus mempelajari PUEBI? Ya, karena dengan menulis sesuai PUEBI maka pembaca akan meras nyaman dan tulisan akan tampak rapi. Sebaliknya jika penulis menulis tanpa sesuai PUEBI maka akan tampak berantakan.

Jangan disingkat-singkat

Kebanyakan penulis pemula suka menyingkat suatu tulisan seperti km yang sebenarnya adalah kamu, yg yang artinya yang. Tulisan singkat merupakan tulisan pesan bukan novel. Dalam novel agar pembaca merasa nyaman hindari menulis disingkat!

Hindari Typo

Banyak penulis yang salah dalam mengetik atau typo, hal itu wajar. Untuk solusinya seteah Anda menyelesaikan novel selalu revisi ulang agar tidak ada typo. Atau sebelum Anda mempublikasikan cerita dalam aplikasi menulis novel seperti wattpad selalu baca ulang tulisan Anda.

Format Penulisan Novel di word

Jika Anda menulis novel di aplikasi word perlu diperhatikan margin, spasi dan jenis font yang digunakan. Fungsinya agar ketika Anda mengajukan novel di penerbit, naskah Anda akan mendapatkan peluang untuk diterbitkan menjadi novel karena penerbit lebih menyukai tulisan yang rapi, cerita yang menarik dan sesuai format penulisan penerbit. Kebanyakan penerbit memiliki format: ukuran kertas A4 dengan Margin Normal (2.54cm), Font TNR (Times New Roman) ukuran 12, spasi 1,5.

Setelah mengetahui penulisan novel yang benar mulailah menulis novel. Panduan menulis novel bagi pemula bisa kunjungi artikel di sini. Ada pertanyaan? Tanyakan dalam komentar.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Penulisan Novel Yang Benar | Cara Membuat Novel"