Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Tanda Baca | Pengertian, Fungsi

Artikel ini berisi pengertian masing-masing tanda baca, apa perbedaan dan fungsinya.

Tanda Baca

Macam-macam Tanda Baca, fungsi tanda baca, pengertian tanda baca

Macam-macam Tanda Baca

Tanda Titik (.) merupakan tanda baca yang digunakan buat mengakhiri suatu kalimat ataupun jadi penutup suatu kalimat.

Tanda Koma (,) merupakan tanda yang digunakan buat memisahkan kata ataupun kalimat, serta pula memisahkan sesuatu faktor dalam suatu perincian.

Tanda Tanya (?) merupakan suatu tanda yang digunakan pada akhir kata ataupun kalimat yang menampilkan suatu persoalan.

Tanda Seru (!) merupakan tanda yang digunakan buat menampilkan suatu kalimat perintah ataupun kalimat yang menampilkan emosi/ perasaan.

Tanda Titik dua (:) merupakan tanda yang digunakan buat memisahkan suatu perincian serta digunakan pada naskah drama buat memisahkan antara nama serta dialog.

Tanda Titik Koma (;) merupakan tanda yang digunakan selaku kata ganti penghubung, umumnya kerapkali digunkanan buat memisahkan antara kalimat setara yang satu dengan yang lain.

Tanda Hubung (-) merupakan tanda yang digunakan buat menggabungkan ataupun memisahkan kata.

Tanda Pisah merupakan tanda yang digunakan buat memberi uraian di luar kalimat.

Tanda Elipsis (…) merupakan tanda yang digunakan buat menampilkan bila diskusi belum berakhir, sela waktu pada diskusi, ataupun pengurangan suara.

Tanda Kurung () merupakan tanda yang digunakan buat mengapit tambahan penjelasan.

Tanda Kurung Siku [] merupakan tanda yang digunakan buat mengapit kata, kelompok kata yang digunakan sebagai koreksi yang umumnya digunakan buat membetulkan di dalam naskah.

Tanda Petik (”...“) merupakan tanda yang digunakan buat mengutip suatu, umumnya digunakan buat mengutip dialog di dalam suatu naskah cerita.

Tanda petik Tunggal (‘...‘) merupakan tanda yang digunakan buat mengutip suatu semacam arti, ungkapan, ataupun terjemahan.

Tanda Garis Miring (/) merupakan tanda yang digunakan buat no surat, no pada alamat, tidak hanya itu pula digunakan sebagai pengganti kata ataupun.

Tanda Penyingkat ataupun Apostrof (‘) merupakan tanda yang dipakai buat menyingkat kata yang hilang dari bagian huruf ataupun kata maupun angka dalam perkata tertentu .

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Tanda Baca | Pengertian, Fungsi"