-->

Macam-macam Genre Novel | Jenis-jenis yang Paling Diminati

    Buat pencinta buku, nih. Pasti udah nggak asing lagi dengan novel. Novel termasuk dalam genre buku fiksi, seperti buku, novel terdiri dari macam-macam jenis loh tidak hanya fiksi umum saja. Mau tau? artikel kali ini akan membahas mengenai Macam-macam genre novel | jenis-jenis yang paling diminati remaja serta apa saja genre novel di wattpad. Penulis bisa menulis lebih banyak genre tidak hanya satu genre saja salah satunya Tere Liye penulis novel terkenal yang menulis banyak genre.

    Jenis-jenis genre novel

    Genre Novel





    Apa itu novel? Novel merupakan karangan prosa panjang berisi rangkaian cerita kehidupan tokoh utama dengan tokoh lain. Novel yang baik merupakan novel yang mengandung nilai moral atau amanat untuk pembacanya. Genre berarti ragam. Genre novel merupakan ragam atau macam-macam jenis novel. Genre novel itu sendiri menentukan target pembaca/siapa yang akan tertarik membaca novel Anda. Karena alasan ini menentukan genre novel penting karena mempengaruhi pasar pembaca Anda. Berikut genre-genre novel.

    Baca juga : Cara Konsisten menulis

            1. Berdasarkan kenyataan cerita

    • Novel fiksi

    Novel yang ditulis berdasarkan khayalan penulis. Kejadian atau peristiwa pada novel tersebut tidak pernah ada karena dibuat oleh imajinasi si penulis.

    • Novel non fiksi

    Genre novel ini ditulis berdasarkan kisah nyata bukan khayalan penulis. Jenis novel ini dibuat berdasarkan fakta, tidak ada rekaan dari penulis. Contoh novel ini adalah Laskar Pelamgi karya Andrea Hirata.

            2. berdasarkan jenis ceritanya

    • Novel romantis

    Novel ini menceritakan tentang kisah percintaan yang biasanya ditulis demgam diksi apik dan puitis agar pembaca merasa baper pada alur yang dibuat. Jenis genre ini memfokuskan cerita romansa seperti patah hati, jatuh cinta dan lain-lain. Contoh novel genre romansa adalah Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

    • Novel humor

    Novel ini lebih menceritakan kekonyolan atau humor yang mengandung tawa bagi pembacanya. Genre ini menekankan unsur jenaka atau komedi yang biasanya ditulis dengan bahasa gaul atau bahasa slang atau bisa juga menggunkan bahasa sehari-hari yang ringan dan mudah dipahami.

    • Novel horor

    Jenis genre ini menghadirkan semacam rasa ketakutan, ngeri atau merinding bagi pembaca. Alur cerita genre ini sengaja dibuat tegang yang berisi makhluk halus atau makhluk mengerikan. Contoh novel horor adalah bangku kosong.

    • Novel misteri
    Genre misteri berbeda dengan horor, namun sering disalahartikan oleh sebagian orang. Jika genre horor mengandung kesan ngeri atau merinding, genre misteri lebih menekankan kejanggalan atau teka-teki kasus yang harus diselesaikan.
    • Novel Sci-Fi/Fiksi Sains
    Dari kata science yang berarti sains, IPTEK dan fiction yang berarti fiksi. Genre Sci-Fi adalah genre yang menceritakan alur dunia teknologi, sains dengan konsep ilmu pengetahuan.
    • Novel Fan-Fic/Fiksi Penggemar
    Disebut juga Fanfiction, FF, atau Fanfic merupakan genre yang mengangkat cerita fantasi/imajinasi mengenai seorang artis atau idola yang ditulis oleh penggemarnya. Cerita mengenai boyband favorit, anime favorit atau artis disebut fanfiction.
    • Novel petualangan
    Apa bedanya genre petualangan dengan misteri? Genre petualangan lebih memfokuskan mengenai misi atau perjuangan terhadap sesuatu, berkelana, dan berpetualang. Contoh genre ini adalah novel lima sekawan.
    • Novel sejarah/historical fiction
    Alur genre novel ini mengenai sejarah, mitos atau legenda yang ada dalam kehidupan masyarakat. Menggunakan latar/setting masa lampau. Penulis harus benar-benar melakukan riset untuk menulis genre sejarah ini.

            3. Berdasarkan isi dan tokoh

    • Novel Teenlite
    Berasal dari kata Teen yang berarti remaja, dan Lit yang artinya literatur atau tulisan. Isi dari novel ini mengenai kehidupan remaja seperti percintaan, persahabatan, atau masalah keluarga. Latar yang digunakan biasanya adalah sekolah dan kampus. Cerita mengenai anak SMA dengan segala kerumitan hidupnya termasuk dalam genre Teenlite. Jenis novel ini merupakan yang paling banyak diminati oleh remaja.
    • Novel chicklit
    Genre Chicklit bertemakan kehidupan wanita dan permasalahannya. Alur yang diceritakan merupakan seputar permasalahan yang dihadapi wanita pada umumnya.
    • Novel Songlit
    Singkatnya novel genre ini ditulis berdasarkan sebuah lagu. Isi lagu tersebut merupakan alur dalam sebuah novel. Songlit mengubah sebuah lagu menjadi sebuah cerita.
    • Novel dewasa
    Genre ini bercerita mengenai kehidupan orang dewasa, isu dan tema yang diangkat dari cerita kehidupan orang dewasa pada umumnya. Umumnya mengandung kisah percintaan yang penuh sensualitas karena tujuan atau sasaran pembacanya adalah orang dewasa. 


    Banyak sekali bukan jenis-jenis genre novel. Setelah membaca Macam-macam genre novel | jenis-jenis yang paling diminati oleh remaja diharapkan Anda dapat memahami penjelasan masing-masing genre.

    LihatTutupKomentar
    Cancel