-->

Apa Itu Plot Twist, Contoh dan Macam Plot Twist

    Pernah menonton film atau membaca buku lalu terkejut mengetahui jalan ceritanya? Menebak-nebak jalan cerita Si A berakhir begini, eh ternyata salah. Itulah yang dinamakan plot twist, plot twist artinya apa sih? Plot Twist merupakan trik yang digunakan penulis yang membuat pembaca merasa terkejut dan tidak menduga peristiwa itu akan terjadi. Di artikel kali ini akan membahas mengenai penjelasan apa itu plot twist serta contoh plot twist novel.

    Penjelasan Lengkap Plot Twist

    Plot twist

    Apa itu plot twist dalam bahasa Indonesia? Plot twist adalah perubahan mendadak suatu kejadian atau pergantian peristiwa secara tajam yang tidak terduga dalam cerita. Plot twist tidak hanya terdapat di dalam novel, tetapi juga biasa terdapat dalam film, drama dan lainnya. Plot twist ini akan membuat pembaca/penonton merasa terkejut dan tidak menyangka adanya perubahan plot/peristiwa.

    Plot twist itu seperti mengarahkan pemikiran pembaca ke arah yang salah tanpa mengetahui kebenaran yang tak terduga. Kebalikan dari plot twist yaitu adalah plot hole. Jangan sampai salah membedakannya! Apa itu plot hole? Cari tahu di sini

    Tipe atau Macam-macam Plot Twist

    Tipe-tipe plot twist yang biasa muncul dalam cerita :

    1. Anagnorisis (Pengungkapan)

    Pengungkapan salah satu karakter yang mengungkapkan karakter lain atau satu karakter yang mengungkapkan dirinya sendiri. Pengungkapan ini membuat pembaca merasa terkejut dan tidak menyangka siapa sebenarnya karakter yang dimaksud. 

    Contoh :

    Ardita yang ingin menikahi Chika, tetapi diungkap oleh ayah Chika bahwa Chika adalah saudara kandung Ardita yang terpisah sejak lama.

    2. Unreliable Narator

    Teknik ini adalah manipulasi narator dalam ceritanya. Dari cerita yang ditulis ternyata menghadirkan plot yang berubah tajam. Narator/penulis ini menyimpan rahasianya yang akan menjadi Boomerang dalam cerita.

    Contoh :

    Tiara yang dikenal sebagai kakak yang penyayang ternyata dipertengahan diceritakan Tiara yang diam-diam 

    3. Deus Exmachina

    Penulis bisa mengubah jalan cerita dengan memberi bantuan yang tak terduga. Atau bisa disebut Deus Exmachina adalah sebuah solusi secara mendadak.

    Contoh :

    Pemeran utama hampir tewas tertabrak mobil lalu tiba-tiba mendapatkan bantuan dari arah lain.

    Mirip sinetron ind*Nesia ya.

    4. Flashback

    Kilas balik suatu cerita yang bisa menjadi plot twist besar. Teknik ini merupakan yang paling mudah dari yang lain, flashback menceritakan suatu peristiwa/keadaan masa lalu. 

    Contoh : 

    Adri yang terkenal jahat ternyata mempunyai alasan di masa lalunya.

    5. Chekhov's Gun

    Karakter yang kelihatannya sepele atau malah terlupakan ternyata mempunyai peran yang cukup besar dalam cerita. Tokoh tambahan yang tidak penting ternyata memiliki rahasia yang berhubungan dengan konflik di cerita.

    Contoh :

    Tokoh A yang dari awal tidak terlalu penting ternyata merupakan penyebab dari meninggalnya seorang guru di sekolah.


    Nah, ada banyak macam plot twist yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan bumbu dalam cerita. Semoga artikel Penjelasan Apa itu plot twist dan contohnya dapat membuat Anda paham mengenai plot twist yang biasa digunakan penulis.


    LihatTutupKomentar
    Cancel