-->

Cara Menerbitkan Novel dari Wattpad

    Wattpad merupakan aplikasi populer yang digunakan lebih dari 100 juta orang untuk mengunggah tulisan bisa berupa novel, cerpen, dan lainnya. Di wattpad kamu bisa menulis novel, puisi, cerpen, bahkan hingga quotes. Ada yang menulis karena sukarela dan menulis untuk mendapatkan uang. Bagaimana cara mendapatkan uang dari wattpad? Kamu bisa menerbitkan novel dari wattpad. Wah, bagaimana caranya? Yuk, simak tips-tipsnya di artikel ini. Artikel ini akan membahas cara agar cerita kita diterbitkan, agar cerita banyak yang baca dan vote, menghasilkan uang dari wattpad.

    Cara Menerbitkan Novel

    Cara menerbitkan novel dari wattpad

    1. Blurb yang Menarik

    Blurb ialah penjelasan singkat mengenai isi buku tanpa membeberkan endingnya. Blurb ini biasa terletak di belakang sampul novel. Dengan membuat blurb yang menarik, pembaca dan penerbit akan tertarik dengan ceritamu. Biasanya orang akan membaca blurb dulu baru setelah itu membaca isi ceritanya, jika blrurb yang dibuat menarik maka akan membuat penasaran para pembaca.

    2. Cover yang Menarik

    Tak bisa dipungkiri cover merupakan hal pertama yang sering menjadi penilaian terhadap isi cerita. Bila cover yang dibuat menarik maka peluang penulis mendpatkan pembaca menjadi tinggi Namun ada juga pembaca yang tidak memperhatikan cover melainkan blurb-nya. Walaupun begitu cover yang menarik akan membuat sebagian besar pembaca tertarik.

    3. Tulis Ceritamu hingga Ending

    Ada sebagian penulis yang langsung berhenti di tengah jalan. Kenapa? Karena cerita mereka sepi pembaca atau mereka terkena writer's block. Tulisalah ceritamu hingga akhir tanpa memperdulikan berapa banyak pembaca yang membaca cerita kamu. Ketika kamu sudah menyelesaikan cerita sampai ending maka pembaca akan datang satu persatu. Mengapa hal ini mempengaruhi? Karena pembaca lebih menyukai cerita yang lengkap daripada yang on going.

    4. Interaksi dengan Pembaca

    Berinteraksi dengan pembaca juga merupakan salah satu hal yang penting. Pembaca akan merasa senang dan sering mengomentari cerita kamu. Dengan begitu penerbit akan melihat bahwa ceritamu memiliki pembaca tetap dan peluang naskahmu dipinang akan semakin tinggi.

    5. Perhatikan PUEBI

    Wah yang satu ini memanglah penting dan harus diperhatikan. Pastikan cerita yang kamu tulis rapi dan perhatikan peletakan tanda baca yang benar karena pembaca lebih menyukai cerita yang rapi dan sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) untuk itulah mengapa mempelajari PUEBI menjadi hal yang penting seperti memperhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital, cara meletakkan dialog tag, dan lainnya. Kamu bisa mempelajari tanda baca di sini.

    6. Buat Cerita yang Menarik

    Tentu saja cerita yang menarik akan memikat pembaca dan penerbit. Buatlah cerita yang memiliki sisi unik sendiri dan hindari narasi dan dialog yang monoton. Perhatikan juga show daripada tell seperti teknik Show don't tell.

    7. Kirim Naskah ke Penerbit

    Setelah enam hal di atas sudah kamu lakukan, biasanya jika ceritamu menarik dan mendapat banyak pembaca penerbit akan datang dengan sendirinya, mereka akan mengirim pesan di akunmu dan mengabarkan bahwa  mereka akan meminang ceritamu kebanyakan penerbit yang menawarkan adalah penerbit Indie. Namun jangan berkecil hati jika penerbit tidak datang sendiri kamu bisa mengirim naskah ke penerbit bisa melalui e-mail atau langsung. Perlu diperhatikan selalu cek standar penerbit.

    8. Ikut Kontes Menulis

    Kamu juga bisa mengikuti kontes menulis untuk mengasah skill menulis, terkadang hadiah dari kontes menulis berupa paket terbit dan lainnya.
    LihatTutupKomentar
    Cancel