Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips membuat Blurb yang Menarik serta Contoh Blurb novel

Bagi pecinta novel nih, pasti sudah tidak asing lagi dengan paragraf yang terletak dibelakang novel. Apasih itu? Apa tujuan penulis meletakkan beberapa paragraf dibelakang novel? Paragraf tersebut merupakan sebuah blurb. Terkadang kebanyakan orang menyalahartikan blurb adalah sinopsis, padahal berbeda loh. Apa bedanya? Anda akan menemukannya di artikel ini selain itu juga akan dibahas tips membuat Blurb yang menarik serta contoh Blurb novel hingga blurb wattpad. 

Cara membuat Blurb serta Contoh dan perbedaannya dengan sinopsis


Blurb adalah uraian atau penjelasan singkat mengenai gambaran isi buku tanpa menceritakan endingnya yang terletak di belakang sampul novel. Untuk apa blurb dibuat? Blurb merupakan salah satu promosi singkat yang menjadi daya tarik bagi pembaca agar pembaca mau membeli buku yang dipasarkan. 

Perbedaan Blurb dengan Sinopsis

Orang-orang yang belum mengetahui blurb, biasanya menyebut blurb sebagai sinopsis. Padahal perbedaan blurb dan sinopsis sangat kentara, blurb ini deskripsi promosional yang biasa ada di belakang novel menggambarkan potongan isi buku tanpa menceritakan endingnya sedangkan sinopsis merupakan ringkasan isi buku dari awal sampai akhir serta menceritakan endingnya. Tujuan sinopsis sendiri biasanya untuk pengajuan naskah ke penerbit.

Tips membuat Blurb yang memikat pembaca

Karena blurb merupakan salah satu promosi maka blurb haruslah menarik dan memikat pembaca agar penasaran dengan isi buku kita. Penasaran gimana caranya membuat Blurb yang unik? Nah, simak tips membuat Blurb di bawah ini.
  • Kutipan atau dialog dari naskah
Jangan mengambil sembarang kutipan dalam naskah Anda. Ambillah kutipan yang akan membuat penasaran pembaca. Anda bisa mengambil secuil konflik untuk dijadikan blurb tentu tanpa menceritakan endingnya atau bisa juga menuliskan beberapa dialog yang memiliki keunikan tersendiri dari yang lain.
  • Singkat dan menarik
Apa Anda pernah menemukan blurb yang bertele-tele dan panjang? Tentu ketika Anda membaca blurb yang banyak mengulang kalimat yang sama pasti Anda akan merasa bosan bukan? Nah, untuk membuat Blurb, tulislah dalam beberapa kalimat singkat dan menarik agar pembaca merasa penasaran dengan novel Anda.
  • Banyak membaca blurb dari penulis lain
Ketika Anda masuk ke dunia sastra, kunci dari semua kunci adalah membaca. Banyak-banyaklah membaca atau mencari blurb dari banyak penulis agar Anda paham bagaimana cara membuat pembaca memikat dengan blurb sekaligus bisa memberi gambaran bagaimana Anda akan membuat Blurb.
  • Bisa menambahkan pertanyaan di akhir blurb
Pertanyaan di akhir blurb ini merupakan pertanyaan yang akan membuat pembaca bertanya-tanya mengenai isi novel Anda.

Contoh :

Dengan semua kerumitan ini akankah Renata mampu bertahan menjadi orang tua tunggal atau memilih jalan lain?

Contoh Blurb Novel dan Wattpad

Setelah Anda mengetahui cara membuat Blurb yang menarik, sekarang perhatikan contoh-contoh blurb dibawah ini.

Blurb novel

Blurb novel

Salah satu blurb dari penulis favorit saya, novel Si Anak Kuat karya Tere Liye. Di blurb tersebut terdapat salah satu dialog dalam novel yang memiliki keunikan tersendiri, di akhir blurb juga dituliskan kalimat dalam novel yang membuatnya semakin menarik itu dibaca.

Blurb di wattpad

Blurb wattpad

Berikutnya adalah contoh Blurb cerita Angkasa tanpa warna 2 yang ditulis oleh penulis sebaitrasa. Diksi yang digunakan dalam blurb tersebut bisa membuat pembaca tertarik. Pemilihan diksi pada blurb juga penting agar menarik dan unik.


Nah, setelah membaca artikel Tips membuat Blurb yang menarik serta contoh Blurb novel ini diharapkan Anda dapat dengan mudah membuat Blurb yang menarik. Ada pertanyaan? Silahkan isi komentar.

Posting Komentar untuk "Tips membuat Blurb yang Menarik serta Contoh Blurb novel"