-->

Prolog : Pengertian, cara membuat dan contoh

     Pernah mendengar kata prolog? Di artikel kali ini Anda akan menemukan pengertian, cara membuat dan contoh Prolog yang biasa ada di dalam novel. Sebelum kita membahas tentang apa yang dimaksud prolog, saya ingin merekomendasikan kepada Anda aplikasi gratis untuk membaca novel yang bisa  di download di playstore, aplikasi unggulan yang menurut saya paling bagus adalah Wattpad dan Ipusnas. Wattpad adalah tempat di mana Anda bisa membaca cerita tidak hanya novel tapi juga terdapat cerpen, puisi dan yang lain sedangkan Ipusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang dipersembahkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia disana Anda juga akan menemukan banyak sekali jenis buku. 

    Pengertian, cara membuat dan contoh prolog

    Cara membuat prolog


    Ketika membaca novel biasanya Anda akan menemukan bagian prolog. Bagian tersebut terletak sebelum bab 1 dalam sebuah novel. Apasih prolog itu? Kenapa terkadang dalam sebuah novel tidak terdapat prolog? Nah, pertanyaan itu akan dijawab pada artikel di bawah ini.

    Pengertian Prolog

    Prolog adalah suatu bagian dari karya sastra yang berupa pembukaan atau pendahuluan yang bersifat membangun konteks serta memberikan detail latar belakang cerita. Sedangkan menurut KBBI prolog adalah pembukaan (sandiwara, musik, pidato dan sebagainya; (kata) pendahuluan. 

    Prolog dapat berupa dialog, kilas balik, secuil konflik, pengenalan watak tokoh, dan lain-lain. Sebenarnya prolog tidaklah wajib ada dalam sebuah novel, tapi dengan adanya prolog akan membuat pembaca tertarik dan penasaran dengan isi novel Anda. 

    Cara membuat Prolog

    Prolog bisa Anda buat sesuai kreativitas Anda sendiri, bagaiman Anda menyajikan suatu tulisan untuk memikat pembaca. Bingung bagaimana membuat prolog yang menarik? Perhatikan dan praktekan cara-cara ini.

    1. Mengambil secuil konflik dalam cerita

    Mengambil secuil konflik dalam cerita berarti adalah menuliskan atau menyisipkan konflik yang akan membuat pembaca tertarik membaca cerita Anda. Tapi ingat! Jangan pernah membocorkan konflik cerita Anda secara keseluruhan karena itu berarti Anda akan membuat pembaca menjadi mengetahui isi cerita sehingga pembaca tidak akan tertarik lagi.

    2. Menyajikan adegan yang memperkenalkan keistimewaan watak tokoh

    Selain dengan mengambil konflik dalam cerita, penulis juga bisa menyajikan adegan yang memperkenalkan watak tokoh utamanya. Tokoh tersebut harus memiliki keunikan atau keistimewaan tersendiri. Contohnya adalah dalam prolog tersebut berisi tokoh utama cowok yang masih minum air susu mamanya. Pembaca tidak akan tertarik dengan watak yang biasa-biasa saja, maka Anda harus menuliskan keistimewaan tokoh utama yang  berbeda dari yang lain.

    3. Singkat, padat, dan tidak bertele-tele

    Prolog haruslah singkat dan tidak bertele-tele tetapi harus mencakup isi yang akan membuat tertarik pembaca. Prolog biasanya berisi 400 - 500 kata. Ketika Anda membuat prolog panjangnya melebihi 1000 kata maka pembaca akan cepat bosan. 

    4. Sisipkan quotes

    Hal ini sebenarnya tidaklah menjadi patokan dalam prolog, tapi biasanya pembaca akan lebih tertarik jika penulis menyisipkan quotes ke dalam prolog.

    Contoh prolog

    Berikut adalah salah satu contoh prolog :

    (Bila, yang tertulis untukmu ... adalah yang terbaik untukmu, kan kujadikan kau kenangan, yang terindah dalam hidupku ....)

    Lagu milik Samson-kenangan terindah-mengalun indah di telinga Ajuda. Cowok yang di hadapannya itu tersenyum singkat lalu beranjak pergi.

    Ah, bukan. Bukan Ajuda tidak ingin melarangnya, tapi kata-kata itu membuatnya mematung dan tidak bisa melakukan apapun. Kecuali menatap punggung cowok itu hingga menghilang, meninggalkan Ajuda yang duduk sendirian di cafe nuansa modern itu. Tempat nongkrong mereka dan kopi favorit dengan asap mengepul yang sedari tadi belum mereka sentuh.

    "Gue mau ngomong." Ucapan cowok itu lima menit yang lalu masih terngiang-ngiang jelas."Lo udah ngomong kok." Bibir cewek itu terangkat membuat kesan manis diwajahnya, dilengkapi dengan lesung pipi yang terlihat menawan.

    "Gue serius," ucap datar cowok itu. Matanya menatap tajam ke arah Ajuda. Tangannya mengepal dibawah meja."Gue mau kok diseriusin, kapan?" Ajuda terkekeh, tidak biasanya cowok di depannya ini serius.

    Cowok itu hanya menatap datar Ajuda tanpa senyuman dan ekspresi, berbeda terbalik dengan Ajuda ia tampak ceria karena hari ini hari jadian mereka ke-4 bulan."Gue mau putus."

    Tepat ketika cowok itu mengucapkan kata putus, Ajuda mematung seakan waktu berhenti, tenggorokannya terasa kering, lidahnya kelu dan pikirannya cuma tertuju pada cowok didepannya. Kaisar."Yaudah, gue cuma ngomong gitu doang. Lo tadi bawa uang, kan? Naik taksi sendiri. Gue ada urusan."

    Ajuda menahan napas. Secepat itukah hubungannya berakhir? Ada apa? Apa yang sebenarnya terjadi, kenapa? Seorang pelayan menuju meja Ajuda dan menanyakan kertas. Kertas yang berisi request song dari pengunjung.

    Ajuda melirik kertas tersebut dan mengernyit. Kertas yang ditulis Kaisar tadi sebelum berbicara serius padanya.

    I love you, Ajuda

    I will always love you

    Jika mencintaimu adalah sebuah kenangan, maka biarlah ini menjadi kenangan terindah di hidupku.

    .Ajuda.

    Contoh prolog di atas menghadirkan konflik tentang percintaan. Prolog tersebut juga disisipi quote. Buatlah prolog semenarik mungkin karena pembaca akan membaca terlebih dahulu prolog di novel Anda. 


    Setelah membaca artikel mengenai prolog : pengertian, cara membuat dan contohnya diharapkan Anda dapat memahami dan bisa membuat prolog dengan mudah.
    LihatTutupKomentar
    Cancel