Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Self Publishing: Perbedaan Penerbit Indie Dan Daftar Penerbit Gratis Terbaik

Setelah mengetahui perbedaan penerbit minor dan penerbit indie, ada satu lagi cara untuk menerbitkan naskah Anda yaitu self publishing/penerbitan sendiri. Apa yang dimaksud self publishing? Apa perbedaannya dengan penerbit indie serta daftar penerbit self publishing indonesia gratis terbaik akan diulas di artikel ini.

Self Publishing/Penerbitan Sendiri

Self Publishing


Apa itu self publishing? Self publishing artinya penerbitan mandiri, singkatnya adalah proses penerbitan yang dilakukan penulis secara mandiri melalui percetakan suatu penerbit. Secara mandiri di sini berarti bahwa penulis mengedit, mendesain cover, tata letak buku, mengurus ISBN serta mendistribusikan naskahnya sendiri. 

Walaupun terkesan ribet tapi self publishing juga mempunyai kelebihan yaitu tanpa melalui seleksi dan tidak ada penolakan naskah. Selain itu penulis juga bisa dengan bebas membuat cover yang sesuai dengan seleranya.

Disamping kelebihannya self publishing juga memiliki kekurangan karena tidak semua penulis pintar mengedit naskah itu menjadi masalah yang harus dihadapi penulis belum lagi dengan desain cover yang kualitasnya akan cenderung buruk. Dikarenakan self publishing harus memasarkan naskhnya sendiri penulis harus pandai untuk menentukan pasar dan menjualnya sendiri.

Perbedaan penerbit Indie dan Self Publishing

Sebelum mengetahui perbedaan penerbit indie dan self publishing, kenali dulu apa itu penerbit indie. Penerbit umumnya terbagi menjadi 2 yaitu penerbit mayor dan penerbit indie. Nah, perbedaan dari keduanya bisa Anda temukan di sini.

Perbedaan penerbit indie dan self publishing : Jika self publishing penulis harus mengerjakan semunya sendiri mulai dari desain cover sampai pemasaran, menerbitkan buku di penerbit indie diberikan jasa desain dan layout tapi pemasaran yang diberikan penerbit indie hanya diedarkan di website dan sosial media penerbit.

Berapa biaya yang diperlukan untuk self publishing? umumnya biaya yang dikeluarkan untuk mencetak satu ekslempar/halaman kurang lebih Rp.800,00 itu hanya satu halaman ya tergantung seberapa banyak halaman naskah Anda.

Daftar Penerbit Self Publishing Indonesia

Penerbit self publishing terbaik

Penerbit self publishing gratis

Setelah membaca artikel Self Publishing : Perbedaan Penerbit Indie dan Daftar Penerbit Gratis Terbaik gimana tertarik untuk menerbitkan naskah self publishing? Masih kurang jelas? Tanyakan di komentar.

Posting Komentar untuk "Self Publishing: Perbedaan Penerbit Indie Dan Daftar Penerbit Gratis Terbaik"