-->

iklan

Metode Show don't Tell: Contoh Kalimat Pengungkapan Dalam Novel

    Apa itu Show don't Tell? Mengapa Show don't Tell penting dalam menulis novel? Show don't Tell yang berarti tunjukkan jangan dibicarakan (Don't Tell But showing) merupakan salah satu metode menulis yang menggunakan teknik showing deskriptif. Apa maksudnya? Di artikel ini Anda akan menemukan Contoh Kalimat Pengungkapan showing dan telling Dalam Novel serta perbedaan keduanya. 

    Show Don't Tell

    show don't tell

    Banyak penulis terkenal yang sudah menerbitkan banyak buku menyarankan menggunakan Metode Show don't Tell. Terlalu banyak menggunakan teknik tell akan membuat cerita terasa hambar, serta berlebihan menggunakan teknik show terkesan bertele-tele. Lalu bagaimana waktu yang tepat menggunakan showing dam telling?

    Pengertian show don't tell

    Show berarti tunjukkan, dan tell berarti memaparkan. Metode show don't tell adalah teknik menulis yang akan membuat pembaca mengetahui tindakan, perasaan, pikiran daripada penjelasan atau pemaparan singkat. Teknik show membuat tulisan menjadi lebih bermakna, berbobot dan kuat. Namun, jangan terlalu banyak menngunakan show karena hal itu dapat membuat narasi terlihat bertele-tele.

     Contoh lebih baik menggunakan tell daripada show.

    Tell : Ibu mengambil gelas di atas meja.
    show : Tangan ibu meraih benda yang hampir seperti silinder dengan warna bening yang termasuk benda pecah belah di atas meja.

    Gimana? Lebih enak tell daripada show bukan?

    Contoh Show Don't Tell

    • Contoh narasi telling :

    Aku keluar dari rumah. Langit mendung dan tidak tampak matahari. Aku mendengar suara minta tolong

    • Contoh narasi showing :

    Kakiku melangkah cepat menuju pintu keluar rumah, aku berniat untuk membeli pembalut di toko terdekat. Hawa dingin serta awan mega hitam di langit menyapaku ketika keluar. Mataku yang masih tertuju ke atas segera beralih ketika mendengar suara teriakan minta tolong.

    • Memperkenalkan tokoh dengn metode tell :

    Andi adalah seorang playboy yang terkenal di sekolahan.

    • Melalui metode show :

    Terlihat dari gerbang Rendi berjalan dengan gaya angkuhnya. Tangannya mengenggam tangan putih milik Anita dengan erat. Padahal semua siswa tau bahwa Rendi sudah memiliki pacar, tapi sepertinya Anita terayu dengan gombalan maut Rendi.

    Setelah membaca artikel Metode Show don't Tell : Contoh Kalimat Pengungkapan Dalam Novel semoga Anda mengetahui perbedaan jelas antara show dan tell. Masih kurang paham? Tanyakan di kolom komentar.






    LihatTutupKomentar
    Cancel