-->

iklan

Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad

    Apasih wattpad itu? Wattpad adalah aplikasi menulis cerita yang banyak digemari penulis dan pembaca. Ada banyak jenis bacaan yang bisa dibaca secara gratis maupun berbayar di sana seperti cerpen, puisi, novel, quotes, dan lain. Selain wattpad, aplikasi lain untuk membaca cerita secara gratis adalah novelme, ipusnas, dan lainnya. Bagi yang penasaran apakah penulis bisa mendapat uang dari watttpad atau tidak, maka jawabannya adalah ya. Wattpad bisa menghasilkan uang untuk penulis, gimana sih caranya? Simak artikel Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad ini sampai selesai.

    Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad

    Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad

    Beberapa keuntungan yang bisa kita dapat saat menulis cerita di wattpad:
    • Wadah gratis bagi penulis untuk mempublikasikan cerita
    Wattpad terbuka bagi semua genre mulai dari horor, romance, fiksi ilmiah, fiksi remaja hingga puisi. Penulis dapat dengan bebas menuangkan isi ceritanya di wattpad tidak ada aturan khusus yang harus dilakukan penulis untuk mempublikasikan ceritanya. Selain itu menulis di wattpad memudahka penulis dengan fitur-fitur terbarunya.
    • Berkesempatan menerbitkan tulisannya
    Ada banyak karya setiap harinya yang berkesempatan menerbitkan tulisannya menjadi sebuah buku. Bagaimana caranya? Banyak penerbit yang memantau tulisan-tulisan para penulis baik itu penulis populer atau penulis pemula dan jika mereka tertarik dengan tulisanmu maka tulisanmu akan diterbitkan dengan gratis.

    • Penulis tidak mengeluarkan modal
    Tentu saja wattpad adalah aplikasi gratis bagi para penulis yang ingin menulis karyanya, penulis tidak perlu mengeluarkan uang untuk mempublikasikan tulisannya.
    • Bebas berinteraksi dengan pembaca
    Penulis bisa berinteraksi dengan pembaca yang mengomentari tulisannya, bahkan penulis bisa mendapat dukungan berupa vote dan follow dari pembaca yang akan menambah semangatnya.
    • Mendapatkan uang dari hasil menulis
    Ada banyak keuntungan yang bisa didapat penulis dari wattpad. Namun keuntungan yang satu ini akan membuat penulis menjadi lebih semangat dan rajin mengupdate tulisannya. Beberapa cara mendapatkan uang dari wattpad dibahas di bawah ini:

    Paid Stories

    Apa itu paid stories? Paid stories atau cerita berbayar adalah cara penulis menghasilkan uang dari tulisan mereka melalui pembaca yang mendukung penulis dengan mendanai penulis. Pembaca dapat membeli koin untuk membuka paid stories, hanya karya tertentu yang layak mendapatkan paid stories. 

    Dengan paid stories ini akan mendukung penulis dengan membayar hasil karya mereka. 

    Terbitkan Bukumu

    Terdapat banyak sekali penerbit yang melirik naskah-naskah para penulis, entah dari penerbit mayor atau penerbit indie. Penerbit umumnya akan melirik karya yang mendapat banyak vote dan dibaca banyak orang namun ada juga penerbit yang melirik penulis pemula. Jadi, jika kamu beruntung penulis akan menerbitkan karyamu dan kamu akan mendapat royalti.

    Adaptasi menjadi Film, Series

    Selain dilirik oleh penerbit, karyamu juga bisa diadaptasi jadi film atau serial TV, loh. Seperti cerita SIN, Antares, Kisah Untuk Geri, Mariposa karyamu juga bisa diangkat apabila karyamu layak dan menarik. Dari sini penulis bisa mendapatkan penghasilan selama serial TV terus diproduksi.

    Melalui Patreon

    Patreon ialah platforn penggalang dana yang bertujuan membantu para content creator. Ada beberapa penulis yang menggunakan patreon untuk menggalang dana tentu saja jika karyamu keren, menarik, dan layak pembaca akan secara sukarela memberikan dananya. 

    Setelah mengetahui bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad.



    LihatTutupKomentar
    Cancel