Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Cerpen Yang Baik Menarik Dan Contohnya

 Dengan menulis kamu bisa menuangkan imajinasi dan ide kamu dalam bentuk tulisan. Menulis tidak hanya di buku saja tetapi juga bisa di hp atau laptop. Kegiatan menulis sendiri ada beberapa macam seperti menulis novel, puisi, cerbung (cerita bersambung) dan cerpen (cerita pendek). Menulis cerpen singkat sama halnya dengan menulis novel. Langkah-langkah dan tips membuat cerpen akan membantu kamu untuk lomba menulis. Terkadang dalam pelajaran sekolah sering disuruh membuat cerita bahasa indonesia dengan metode dongeng, artikel ini akan membahas cara menullis cerpen yang menarik untuk dibaca yang baik dan berkualitas serta contoh rancangan.

Cara Menulis Cerpen yang Menarik dan Contoh

Cara Menulis Cerpen yang Baik Menarik dan Contoh rancangan

1. Pelajari apa itu cerpen

Sebelum menulis cerpen kamu harus mengetahui pengertian dari apa itu cerpen. Cerpen adalah cerita pendek yang hanya memiliki satu alur dan dibaca sekali duduk. Karya sastra ini memiliki syarat berupa jumlah kata yang terdiri dari 1000 sampai 50000 kata. Unsur-unsur cerpen meliputi tema, tokoh, alur, gaya bahasa, latar, sudut pandang, dan amanat yang harus kamu siapkan sebelum menulis cerpen.

2. Menentukan Tema dan Judul

Seperti halnya menulis karya sastra lain, kamu harus menentukan tema terlebih dahulu. Tema merupakan ide pokok yang terkandung dalam cerita. Ada banyak jenis tema seperti keluarga, pertemanan, cita-cita, percintaan, dan lainnya. Pikirkan tema yang akan kamu gunakan dalam cerpenmu. Seperti contoh tema cita-cita maka cerpenmu kan berisi bagaimana tokoh akan menggapai cita-citanya, keluarga maka ceritamu akan berisi mengenai konflik keluarga, dan masih banyak lagi.

Beri judul yang sesuai dengan tema, judul merupakan garis besar isi cerita. Judul yang baik tidak terlalu singkat dan tidak terlalu panjang.

3. Menentukan Latar

Setelah menentukan tema, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan latar. Latar di mana tempat terjadinya cerita, bagaimana suasananya, dan kapan terjadinya. Contoh cerpenmu berisi beberapa anak SMA yang berusaha menggapai mimpinya maka latar tempatnya adalah sekolah, kapan waktunya? Waktunya bisa saat tokoh berada di kelas akhir, lalu memiliki suasana yang menegangkan.

4. Menentukan Alur dan Plot

Tentukan bagaimana isi dari cerpenmu, apa tujuan dari tokoh dan bagaimana rintangannya. Untuk cerpen kamu hanya bisa menentukan satu alur saja berbeda dengan novel yang terdapat beberapa alur. Buat rancangan peristiwa, konflik yang ada dalam cerpenmu. Ingat! Semua peristiwa harus berdasarkan sebab akibat.

5. Menentukan Tokoh dan Watak

Tokoh terbagi menjadi dua yaitu tokoh baik atau protagonis dan tokoh jahat atau antagonis. Tentukan siapa saja yang terlibat dalam ceritamu dan buatlah tokohmu hidup sehingga pembaca akan merasakan kehadirannya. Buatlah catatan kecil mengenai watak yang ada pada tokoh sehingga kamu tidak akan mudah lupa.

 Contoh:
Azalea memiliki watak yang pemarah
Rafael memiliki watak penyabar, penyayang

6. Menentukan Sudut Pandang

Tentukan sudut pandang yang akan kamu gunakan. Umumnya sudut pandang yang sering digunakan adalah sudut pandang ketiga yang menggunakan nama tokoh. Sudut pandang sendiri terbagi menjadi dua yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang pertama menggunakan sudut pandang "aku" dalam cerita. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai sudut pandang klik di sini.

7. Mulailah Menulis

Segera tulis paragraf pembuka yang akan menjadi awal cerpenmu. Pastikan paragraf pertama memiliki daya tarik agar pembaca merasa tertarik dan penasaran. Buat tulisan yang penuh emosi jangan menulis cerita yang datar. Beri satu konflik dan resolusinya.

Nah, itulah langkah-langkah membuat cerpen yang mudah. Setelah kamu membaca artikel Cara Menulis Cerpen yang Baik Menarik dan Contohnya semoga dapat menambah informasi. Ada pertanyaan? Silahkan tanyakan di komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Cerpen Yang Baik Menarik Dan Contohnya"