Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Majas Alegori: Ciri-Ciri, Fungsi Dan Contoh


Majas atau gaya bahasa merupakan bahasa kiasan yang berfungsi memperindah suatu karya sastra. Gaya bahasa memiliki banyak sekali macam, macam-macam tersebut dikelompokkan ke dala 4 jenis yaitu majas perbandingan, penegasan, sindiran, dan pertentangan. Alegori merupakan salah satu macam majas perbandingan. Metafora, personifikasi, litotes, simile, simbolik, asosiasi, antitesis, antonomasia merupakan macam-macam majas diantara banyaknya gaya bahasa yang lain.

Majas Alegori

Pengertian majas alegori dan contohnya, ciri-ciri majas alegori, fungsi majas alegori, contoh majas alegori

Pengertian Majas Alegori

Majas alegori adalah salah satu jenis macam gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu dengan kiasan dalam suatu cerita/ teks umum. Alegori ini mencakup satu paragraf bukan sekadar satu kalimat pendek seperti majas lainnya.

Mari merujuk ke pendapat Nurgiantoro, ia menjabarkan alegori ialah sebuah cerita kiasan yang maknanya tersembunyi pada makna literal sehingga terkandung dua makna sekaligus dalam sebuah teks alegori yakni bermakna literal (bukan sebenarnya) dan makna sebenarnya yang tersembunyi harus ditafsirkan. 

Menurut keraf, alegori merupakan cerita singkat yang mengandung kiasan, makna kiasan ini harus ditafsirkan, di dalam alegori nama-nama tokoh adalah sifat-sifat yang abstrak (hewan yang dapat berbicara) untuk mewakili pelaku sebenarnya yang konkret (manusia).

Ciri-ciri Majas Alegori

Ciri-ciri alegori yang paling menonjol adalah ungkapan yang terbentuk cukup panjang hingga menjdi paragraf bukan sebuah kalimat pendek yang berupa kiasan, biasanya gaya bahasa ini menggunakan retorika.

Fungsi Majas Alegori

Majas alegori bisa berfungsi untuk memperindah suatu karya sastra, menambah kesan mewah di dalamnya.

Contoh Majas Alegori

  • Balita yang baru lahir itu seperti kertas putih yang masih kosong serta belum terdapat coretannya.
  • Hidup ini bagaikan roda, terkadang kita terletak di dasar, terkadang hendak diam sejenak serta kadangkala pula hendak naik ke atas.
  • Otak manusia bagaikan mata pisau, terus menjadi diasah, hingga akan jadi terus menjadi tajam.
  • Cinta itu semacam menggenggam pasir. Apabila tidak digenggam hendak lenyap, tetapi bila digenggam sangat erat hendak terdesak keluar lewat celah jari.
  • Negeri Indonesia itu seperti suatu tanah impian, terdapat banyak sumber energi serta kekayaan natural yang berlimpah di penjuru negara.
  • Waktu itu ibarat duit, bila dihabiskan dengan baik, hingga akan mendatangkan khasiat, tetapi bila disia- siakan, maka hendak mendatangkan kerugian.
  • Perasaan manusia itu semacam permen, terdapat banyak rasa yang ada, dapat manis, getir, asam, serta sebagainya.
  • Ilmu pengetahuan laksana sinar yang menerangi kehidupan manusia di dunia.
  • Sikap para koruptor nyaris sama dengan tikus- tikus yang sangat suka berkeliaran di lumbung padi. Dia makan padi itu sepuasnya.
Nah setelah membaca Majas Alegori: ciri-ciri, fungsi dan contoh diharpkan Anda dapat memahami materi ini dan menerapkannya dengan benar.

Posting Komentar untuk "Majas Alegori: Ciri-Ciri, Fungsi Dan Contoh"