Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Buku Bajakan: Perbedaan Dengan Asli, Hukum Bajakan

 Ada banyak situs website yang menyediakan buku bajakan online berbentuk PDF atau ebook yang bisa di download gratis kebanyakan adalah novel, banyak novel bajakan biasanya bisa ditemui dengan kata kunci "download ebook novel gratis". Cara membedakan buku asli dan bajakan sangat mudah karena perbedaannya benar-benar mencolok. Di Indonesia semakin ramai penjual yang dengan tidak malunya menjual buku bajakan, mereka bisa menjualnya di toko buku atau aplikasi belanja online seperti Shopee dan Tokopedia. Hukum mengedarkan, mendownload, dan menjual buku bajakan adalah ILEGAl, penulis bisa memberikan tuntutan terhadap penjual bajakan. Dalam islam sendiri hukumnya adalah haram karena merugikan penulis namun masih banyak yang menghiraukannya. 

Buku Bajakan: Ciri-ciri, Perbedaan dengan Ori


Ciri-ciri buku bajakan, asli, perbedaan buku bajakan dan buku, download ebook novel gratis

Apa itu buku bajakan? Buku bajakan adalah buku yang dicetak biasanya difotokopi atau difoto oleh oknum yang tidak bertanggung jawab kemudian diedarkan untuk kepentingan komersial tanpa seizin penulis. Buku bajakan merupakan buku ilegal, penulis bisa saja menuntut penjual buku bajakan secara hukum. Buku-buku yang biasa dibajak merupakan buku best seller, beberapa penulis novel seperti Tere Liye mengungkapkan kekesalannya pada penjual dan pembeli buku bajakan. 


Buku bajakan memiliki nama lain buku kw, buku non original, dan buku repro. Sebagai pembeli tentunya harus bijak dalam memilih kualitas produk, meskipun buku bajakan lebih murah daripada buku asli namun kualitas bukunya sangat buruk. Untuk mengetahui ciri-ciri buku bajakan dan perbedaannya dengan ori simak di bawah ini:

Ciri-ciri Buku Bajakan & Perbedaan dengan Ori

1.Harga Lebih Murah dan Terkesan Tidak Wajar

Ciri-ciri yang paling menonjol adalah dari segi harga. Karena cuma difotokopi harga dari buku bajakan sangat murah bahkan terkesan tidak wajar. Penjual bajakan kebanyakan menjual dengan harga dibawah 50.000. Jika kamu menemukan buku yang hargannya dibawah 50.000 patut dicurigai buku tersebut ilegal kecuali jika buku bekas dan penjual mengatakan buku tersebut original. Buku best seller seperti "Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat" dijual dengan harga 20.000 sangat tidak masuk akal jika buku original yang harganya 80.000 dijual dengan harga segitu.

2. Kualitas cetakan kertas yang buruk

Dijual dengan harga murah tentu saja kualitas kertasnya buruk. Tulisannya buram, tintanya pudar dan membayang bahkan ada yang hampir tidak bisa dibaca seperti kertas fotokopian sedangakn buku original tulisannya enak dibaca bahkan kertasnya berkualitas.

3. Kualitas Sampul yang Berbeda

Sampul buku bajakan terkesan biasa, cepat luntur dan hampir pudar sementara sampul buku original lebih berkualitas terkadang juga disertai tulisan timbul dan terlihat berkilau.

4. Layout tulisan berantakan

Tatanan tulisan yang miring sering terdapat dalam buku bajakan sedangkan buku original tatanan tulisannya rapi.

5. Jilid tidak kuat

Jilid buku bajakan tidak kuat kertas isi dari buku banyak yang terlepas dari sampulnya ini terjadi karena lem yang menempel tidak kuat, buku ori dijilid rapi sehingga tetap kuat dan tidak mudah terlepas.


Diharapkan setelah Anda membaca Ciri-ciri Buku Bajakan: Perbedaan dengan Ori, Hukum Bajakan ini Anda dapat membedakan mana yang bajakan dan ori. Lebih baik beli ori yang mahal daripada beli buku bajakan yang ilegal. Jika terlanjur beli buku bajakan segera bakar! Ayo katakan TIDAK pada buku bajakan!

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Buku Bajakan: Perbedaan Dengan Asli, Hukum Bajakan"