Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Plot Armor, Plot Hole, Plot Twist Dan Contoh

Bagi anda pecinta anime, apakah pernah menemukan plot armor di anime? Apa itu plot armor? Plot armor merupakan perlindungan yang didapat oleh suatu karakter. Emang ada plot armor di anime? Ada dong, plot armor bisa Anda temukan di naruto, one piece tokoh luffy, fairy tail dan lainnya. Artikel kali ini tidak hanya membahas satu plot saja tetap ada 3 plot lain yang harus diketahui yaitu plot hole, plot twist, plot major, tapi diartikel kali ini plot major tidak akan dibahas. Untuk penjelasan dan contoh simak di bawah ini.

Plot Armor, Plot Hole, Plot Twist

Penjelasan plot armor, plot armor naruto, one piece luffy, fairy tile, plot twist, plot hole

1. Plot Armor

Plot Armor berasal dari kata plot yang berarti alur/jalan cerita dan armor yang memiliki arti baju perlindungan.. jadi, Plot Armor adalah perlindungan yang didapat oleh suatu tokoh atau karakter karena memiliki keistimewaan atau berperan penting dalam cerita yang diberikan oleh penulis/pengarang.

Plot armor ini lebih sering dipakai oleh karakter utama, biasanya ketika tokoh utama terjebak suatu masalah atau berhadapan dengan kesulitan pengarang akan memberikan kuasanya untuk melindungi tokoh itu. Sebagai contoh. karakter utama terjebak oleh sekumpulan zombie tapi tokoh utama tersebut sama sekali tidak tergigit oleh zombie padahal semua orang sudah berubah menjadi zombie. Seperti di film train to busan dimana ibu-ibu hamil terjebak di kereta penuh zombie tetapi sampai akhir cerita mereka tetap selamat. Padahal ibu-ibu hamil tidak akan kuat untuk berlari kencang menghindari si zombie.

Plot ini biasa digunakan penulis ketika dia sudah bingung membuat jalan keluar bagi tokoh yang terkena masalah. Penulis yang terjebak karena tokoh sudah di ambang kematian tapi tokoh tersebut berperan penting dalam alur cerita akhirnya pengarang menciptakan plot armor dalam ceritanya.

Contoh :
  • Plot armor di one piece :
Di Loguetown, luffy melawan smoker yang hampir berakhir kegagalan namun sang pengarang mendatangkan Dragon agar ceritanya tetap berlanjut. 
  • Plot armor naruto :
Saat sasuke dan naruto bertarung mati-matian melawan momoshiki pengarang mendatangkan boruto yang dengan hanya satu rasenggan, momoshiki langsung kalah.
  • Plot armor fairy tail :
Katanya serial ini memiliki banyak sekali plot armor dimana karakter utama ataupun pendukung dapat menyelesaikan masalah dengan nakama power.

2. Plot Hole

Plot hole adalah sebuah celah dalam cerita yang menghadirkan suatu kejadian yang melawan arus logika. Pengarang menghadirkan cerita yang ganjal yang akan membuat pembaca merasa bingung. Mengenai plot hole dan bagaimana cara mengatasinya silahkan klik di sini.

3. Plot Twist

Plot twist merupakan suatu alur cerita yang diubah secara mendadak dengan tujuan agar pembaca merasa terkejut dan tidak menduga hal itu akan terjadi. Secara singkat plot twist dibuat untuk menyesatkan para penonton agar beranggapan menduga alur atau tokoh yang salah. Seperti contoh plot hole dibuat agar penonton mengira tokoh A adalah dalang dari semua permasalahan tapi secara tidak terduga tokoh B lah yang merupakan pokok masalah itu. Untuk mempersingkat artikel ini, lebih lengkap mengenai plot twist ada di sini.

Nah, setelah mengetahui "Apa Itu Plot Armor, Plot Hole, Plot Twist dan Contoh" kalian pasti sudah tahu banyak istilah plot yang digunakan dalam suatu cerita. Punya pertanyaan? Silahkan tulis di komentar.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Plot Armor, Plot Hole, Plot Twist Dan Contoh"