Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Puisi Dan Contohnya | Langkah Menulis Puisi Dengan Mudah

Puisi adalah seni tertulis/karya sastra yang bertujuan menyampaikan pesan melalui diksi yang terikat oleh irama, rima dan bait. Contoh tema puisi seperti puisi cinta, puisi tentang alam. Untuk Anda yang baru mengenal puisi, mungkin akan kesulitan membuat puisi. Artikel kal ini akan membahas mengenai bagaimana cara membuat puisi dan contohnya. Tips ini bisa anda gunakan terutama yang akan mengikuti lomba puisi. 

Cara Membuat Puisi

membuat puisi











Sebagian orang mengira membuat puisi itu mudah, padahal kenyataannya banyak yang harus diperhatikan agar puisi yang ditulis benar-benar menjadi puisi tidak hanya sekedar kata-kata saja. Imajinasi harus dituangkan penulis agar menjadikan puisinya menarik dan indah dalam penyampaian diksi. Setelah mengetahui pengertian puisi, sekarang simak teknik menulis puisi :

1. Tentukan Tema dan Judul

Sudah tidak asing lagi kan dengn tema dan judul. Tema adalah gagasan pokok, ide, atau garis besar isi puisi. Tentukan dulu tema atau hal yang ingin Anda tulis. Langkah selanjutnya adalah menentukan judul, judul haruslah berkaitan erat dengan tema yang sudah dipilih. Misalnya Tema percintaan dengan judul kekasihku.

2. Perhatikan Diksi

Apa itu diksi? diksi adalah pilihan kata penulis untuk mengungkapkan suatu kata atau kalimat dalam bahasa yang indah. Anda harus memilih diksi yang selaras dengan makna tulisan yang Anda buat. Seberapa penting diksi? Fungsi diksi sangat penting karena bisa membuat pembaca tertarik dan menambahkan kesan indah dalam puisi. 

Belum paham mengenai diksi? Temukan penjelasan lengkapnya di sini 

3. Rima atau pengulangan bunyi

Pengulangan bunyi pada awal dan akhir kalimat menambah kesan keindahan yang menghasilkan bunyi yang selaras serta menambah nilai plus pada puisi Anda. Bagian ini memerluan kreativitas dan imajinasi agar menghasilkan rima yang sama.

4. Merangkai Kata

Selajutnya adalah tulis apa yang ada dipikiran Anda mengenai isi puisi. Ekspresikan dan tuangkan apa yang ada dalam pikiran dan hati Anda. Jangan lupa perhatikan diksi dan rima dalam merangkai kalimat menjadi puisi. Dengan begini, puisi akan menjadi indah dan penuh makna.

5. koreksi dan perbaiki

Langkah paling akhir adalah baca keseluruhan isi puisi, jika dirasa terdapat kesalahan dan kata-kata yang kurang pas segera koreksi dan perbaiki. Baca ulang puisi Anda berkali-kali agar Anda dapat menemukan kesalahan. Perhatikan penggunaan diksi yang harus sesuai dengan makna, Perhatikan tanda baca, Rima atau pengulangan bunyi serta kohesi dan kohorensi pada puisi.

Contoh Puisi

Berikut contoh puisi terkenal karya Sapardi Djoko Damono 

Aku Ingin

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan kata yang tak sempat diucapkan
Kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
Awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Setelah Anda membaca artikel Cara Membuat Puisi dan contohnya | Langkah Menulis Puisi Dengan Mudah, Semoga Anda dengan mudah paham materi mengenai puisi ini. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Puisi Dan Contohnya | Langkah Menulis Puisi Dengan Mudah"